Apasih Itu Network Marketing

Apasih Itu Network Marketing

Network Marketing adalah model bisnis yang bergantung pada penjualan dari mulut ke mulut oleh perwakilan agen perusahaan tersebut. Agar dapat menjalankan bisnis ini dengan baik, perusahaan harus membangun jaringan mitra bisnis seluas mungkin. Adapun target pelanggan network marketing ialah mereka yang memiliki potensi membeli produk atau membantu memasarkan produk kepada orang lain.

Network marketing ini pada umumnya menggunakan sistem penjualan langsung. Artinya, Anda akan menerima komisi dari penjualan untuk setiap barang atau jasa yang berhasil Anda jual. Semakin banyak barang atau jasa yang berhasil Anda jual, maka semakin banyak komisi yang akan Anda terima. Sebaliknya, Anda tidak akan menerima pendapatan jika tidak ada barang atau jasa yang Anda jual.

Jaringan Pemasaran 

Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum mulai menjalankan network marketing adalah membangun jaringan pemasaran seluas mungkin. Dalam tahapan ini, Anda perlu mengerti mengenai target konsumen yang Anda tuju. Anda harus mulai mendefinisikan kepada siapa produk tersebut akan ditawarkan dan apakah harga jual produk sesuai dengan daya beli mereka.

Selanjutnya, Anda perlu memperluas hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda. Hal tersebut dapat Anda lakukan melalui berbagai cara, seperti mengikuti perkumpulan, memperbanyak kenalan, dll. Anda juga dapat memanfaatkan media sosial untuk memudahkan Anda berhubungan dengan rekan bisnis Anda.

Baca Juga: HRD Selektif dan Ketat dalam Screening Calon Karyawan? Kenapa Demikian?

Pelatihan Kerja

Bagian terpenting dari network marketing adalah memberikan pelatihan. Bagian ini penting, terlebih jika perusahaan Anda memilih fokus untuk merekrut tenaga penjual baru. Anda harus memastikan para tenaga penjual baru ini memiliki persiapan yang matang sebelum terjun ke lapangan. Jika tidak, maka bisa jadi merekalah yang akan mengacaukan bisnis Anda.

Dalam pelatihan ini harus setidaknya memuat tentang:

  • Product knowledge atau penjelasan mengenai produk-produk yang dijual oleh perusahaan.
  • Business plan, atau penjelasan mengenai strategi bisnis yang dijalankan perusahaan saat ini.
  • Hak pekerja, yakni menjelaskan tentang besar pendapatan dan komisi yang mereka terima apabila berhasil menjual satu produk. Bagian ini juga harus menjelaskan tahapan promosi atau kenaikan tingkat serta berapa lama waktu yang diperlukan.
Keuntungan menerapkan Network Marketing

Network marketing kerap dipandang sebagai model pemasaran yang hanya menguntungkan bagi tenaga penjual yang bergabung dalam perusahaan. Sedangkan dari sisi perusahaan, network marketing dianggap merugikan karena mengurangi keuntungan yang diperoleh perusahaan. Oleh sebab itu tak jarang jika perusahaan harus memasarkan produk dengan harga tinggi. Belum lagi rumitnya langkah persiapan yang harus dilakukan sebelum menerjunkan tenaga penjual baru ke lapangan.

Kekurangan menerapkan Network Marketing

Susahnya untuk memilih bisnis yang tepat untuk dijalankan, karena banyaknya perusahaan Network Marketing membuat orang menjadi kebingungan dan kemudian malah terjebak untuk memilih join di perusahaan yang tidak tepat. Disini kita harus benar – benar mengerti bisnis apa yang akan kita jalankan.

Tips Membangun Network Marketing yang Akan Sukses

Network Marketing juga harus dibangun untuk mencapai kesuksesan. Nah, berikut ini beberapa cara untuk membangun Network Marketing yang sukses.

  1. Memahami Marketing Plan Yang Diberikan Oleh Perusahaan
  2. Dapat Memberikan Rekomendasi
  3. Tentukan Target Pasar Yang Benar
  4. Tetap Belajar Dan Inovasi
  5. Terus memperluas jaringan sosial baik secara online maupun offline
  6. Jadilah pengguna dari produk yang dipasarkan terlebih dahulu
  7. Gunakan Teknik Edifikasi untuk Jaringanmu
  8. Bekerja Dengan Team
  9. Usaha Dan Doa

Nah, udah ngertikan apasih itu Network Marketing ? Jangan salah untuk memilih Network Marketing ya dan ingat beberapa tips untuk membangun Network Marketing yang sukses supaya ada untuk pedoman kita saat terjun langsung dalam bisnis jaringan ini.

Baca Juga: Jenis Strategi Pemasaran Online Yang Tepat Saat Ini