Produk Kesehatan Wajib BPOM

Produk Kesehatan Wajib BPOM

Produk Kesehatan Wajib BPOM 

Setiap produk kesehatan pastinya wajib BPOM. Kenapa begitu? Karena produk yang sudah lulus uji BPOM adalah produk yang sudah pasti aman digunakan dan terjamin kualitasnya, oleh karena itu jika akan membeli suatu produk lihatlah terlebih dahulu, apakah sudah tertera izin BPOMnya? Jika sudah, barulah berani membeli produk tersebut.

BPOM
Badan Pengawasan Obat dan Makanan

Di zaman milenial seperti sekarang, banyak produsen yang hanya mencari keuntungan semata, membuat produk tanpa memperhatikan kelayak-pakaian atau keamanan produk saat dikonsumsi oleh masyarakat, baik itu dalam bisnis kosmetik, makanan, maupun obat-obatan.

Produk kesehatan wajib BPOM, karena produk kesehatan adalah produk yang langsung kontak dengan tubuh, baik itu produk makanan yang melalui saluran cerna maupun produk kecantikan yang melalui kulit manusia.

Produk yang Diuji Sebelum Diberi Izin Edar

Sebelum mendaftarkan produk kita, ada beberapa rangkaian yang sudah disiapkan oleh pihak BPOM yang wajib dipenuhi oleh produsen, untuk memastikan produk yang akan dipasarkan berkualitas, aman dan layak digunakan atau dikonsumsi.

 

Bagaimana BPOM Memastikan Produk Tersebut Berkualitas?
  1. Mengecek Bahan Baku
  2. Cek Proses Pembuatan
  3. Mengecek Tempat Pembuatan Produk 
  4. Cek SOP Pembuatan produk 
  5. Mengecek Materi Iklan yang Wajib Sesuai Dengan Klaim Dari Produk Baru Keluar Ijin BPOM

Jika sudah memenuhi syarat yang ditentukan oleh BPOM, barulah kemasan produk diberi nomor seri BPOM, dimana nomor tersebut adalah tanda bahwa produk tersebut sudah lulus uji BPOM dan sudah bisa di edarkan. Itulah mengapa aman menggunakan produk yang sudah lulus BPOM.

Pentingnya Mengecek BPOM
Cek melalui website produk yang sudah terdaftar BPOM

Melakukan pengecekan BPOM sangatlah penting, agar kamu yakin menggunakan produk kesehatan yang kamu pilih untuk mengatasi masalah yang ada. 

Berhati-hatilah jika menemukan produk tanpa ijin BPOM, lebih baik tidak menggunakan produk tersebut dan memilih yang sudah dinyatakan aman oleh BPOM. Ingat jangan hanya tergiur dengan harga murah saat berbelanja ya.

 

Cara Cek BPOM

Ada beberapa cara mengecek BPOM agar kalian tidak salah cek, yaitu :

  • Cek Secara Manual

Mengecek BPOM secara manual bisa dilakukan dengan cara melihat kode BPOM kemasan produk tersebut, apakah produk tersebut sudah memiliki izin BPOM atau belum.

  • Cek Secara Online

Setelah mengecek secara manual, kamu bisa langsung masuk ke website BPOM yaitu https://cekbpom.pom.go.id/ untuk mencocokan nomor yang tertulis di kemasan produk.

Sama atau tidak dengan hasil produk yang terdaftar pada website BPOM. Karena banyak produsen nakal yang sembarangan menulis nomor ijin BPOM pada kemasannya, padahal nomor tersebut adalah nomor ijin untuk produk lain. Wah yang ini bahaya.

  • Cek Menggunakan Aplikasi Resmi BPOM

Selain melalui website yang sudah disebutkan pada poin nomor 2, kamu bisa juga mengeceknya melalui aplikasi resmi BPOM, jadi lebih mudah dan lebih cepat untuk mengetahui produk tersebut apakah sudah terdaftar dan sesuai atau belum.

Itulah beberapa cara mengecek apakah produk yang anda gunakan sudah terdaftar di BPOM, agar konsumen lebih memperhatikan produk yang akan digunakannya. 

Baca Juga: Ciri-ciri Perusahaan Baik dan Sehat

 

Melaporkan Pengaduan Kepada BPOM 

Apabila produk yang dibeli atau digunakan tidak memiliki izin BPOM, kita bisa mengajukan pengaduan kepada pihak BPOM. Dengan laporan ini BPOM bisa melakukan sidak kepada produsen produk tersebut untuk menarik peredaran produk tersebut. Kamu bisa melakukan pengaduan menggunakan situs web atau bisa juga menggunakan aplikasi resmi BPOM.

Produk Kesehatan Wajib BPOM
Logo aplikasi resmi BPOM

Aplikasi tersebut sudah tersedia di android, mempermudah kita untuk melakukan pengecekan dan pengaduan kepada pihak BPOM. Pintarlah berbelanja, pilih produk yang aman dan jangan lupa cek nomor ijin BPOM pada produk tersebut. Sehat selalu untuk kita semua.

Baca Juga: Bali Sudah Punya Pabrik Obat Tradisional Terstandar BPOM